BPKP Provinsi NTB melakukan Evaluasi atas Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa sampai dengan Triwulan

Jumat, 07 Agu 2020, 00:11:35 WIB - 17 View
Share
BPKP Provinsi NTB melakukan Evaluasi atas Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa sampai dengan Triwulan

Kuripan, 6 Agustus 2020

Tim BPKP Provinsi NTB yang terdiri dari Wahyu Anggoro Fitrianto (Ketua), dan  Tri Ana Fuziah, Sri Hartono, dan Arum Puji Hastuti (Anggota) berkunjung ke Kantor Desa Kuripan untuk melakukan Evaluasi atas Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa sampai dengan Tri Wulan II Tahun 2020 dan Sisa Dana Desa Tahun 2019 Desa Kuripan.

Tim BPKP disambut langsung oleh Sekretaris Desa Kuripan Bpk Hairil Pasihin, S.Pd dengan terlebih dahulu sebagaimana diberlakukan kepada semua yang berkunjung ke Kantor Desa Kuripan, rombongan Tim BPKP terlebih dahulu mencuci tangan pakai sabun di CTPS yang telah disediakan dan dilakukan pengecekan suhu.

Tim BPKP memberikan Surat Tugas kepada Sekretaris Desa Kuripan, yang kemudian mengumpulkan Kasi dan Kaur Desa untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang diminta di Data Tingkat Desa yang terdiri dari Laporan Realisasi Dana Desa TA. 2015 s.d 2018, Anggaran dan Laporan Realisasi Dana Desa TA. 2019, SPJ TA. 2020, Dokumen-dokumen perencanaan, Daftar Penerima BLT beserta Laporan Penerimaan BLT sampai Tahap III, Laporan Bumdes, dan lain-lain.

Tim BPKP juga meminta dihadirkan penerima BLT dan BST di masing-masing dusun untuk diwawancarai secara langsung mengenai realisasi penyerahan bantuan dari Desa.

Terkait Perencanaan Desa, Perwakilan musyawarah seperti BPD, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Agama juga dihadirkan oleh Pemdes Kuripan untuk diwawancarai mengenai transparansi perencanaan Dea.

Selain itu, Bapak Bapak Wahyu Anggoro Fitrianto yang didampingi oleh Sri Hartono juga turun langsung ke semua Pembangunan Fisik yang dibangun oleh Pemerintah Desa Kuripan di termin I dan melakukan pengukuran dan perhitungan Volume. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut, meliputi : Pembangunan Jalan Beton Gank Tohri RT. 01 Dusun  Tongkek, Jalan Beton Gank Maliki  RT. 03 Dusun Tongkek, Plat Beton RT. 03 Dusun Tongkek, Jalan Beton Dusun Kuripan II, Pembangunan Posyandu Sederhana Dusun Sedayu, Gapura Pariwisata Desa Kuripan, dan Pengadaan 10 unit Pos Keamanan Desa.

Hairil Pasishin selaku Sekretaris Desa Kuripan yang ikut mendampingi perhitungan volume pekerjaan-pekerjaan fisik tersebut mengatakan bahwa secara umum pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan di termin I telah memenuhi spek dan volume sesuai  design dan RAB, dan pengerjaannya juga paten karena dikerjakan langsung oleh warga setempat. 

Ikut mendampingi sekretaris desa, juga Bapak Mahnan selaku Kasi Kesra dan Johari Maknun selaku Kasi Pemerintahan. 

Selese pengukuran, Tim BPKP dan Pemdes Kuripan melakukan serah terima  Dokumen Data Tingkat Desa yang diserahkan oleh Sekretaris Desa Kepada Ketua Tim BPKP yang selanjutnya akan menunggu hasil evaluasi. (Har)

Desa Kuripan Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat
© 2020 Lombok Barat Follow : Facebook Twitter Linked Youtube